Al Qur'an, Allah, Hadits, Islam, Keutamaan Bulan Ramadhan, Manfaat Puasa, puasa, ramadhan, Rasulullah, Takwa, taqwa Indahnya Ramadhan: Tips Berpuasa Saat Hamil
Powered by Blogger.

17 July 2013

Tips Berpuasa Saat Hamil

Ibu hamil puasa tentunya memiliki efek dan pengaruh bagi janin. Namun puasa dapat dilakukan, bagi ibu yang tidak memiliki riwayat kehamilan buruk seperti pendarahan, keguguran dan penyakit lain yang membahayakan kehamilan. Ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan pada dokter ahli, agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga dengan baik selama berpuasa.
 
Nah, berikut beberapa tips ibu hamil berpuasa agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan aktivitas puasa, yaitu :
 
Saat sahur
Konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang dan sesuai takaran. Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana (gula), karena dapat merangsang produksi hormon insulin dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda menjadi lemas, pusing dan tidak bertenaga. Mengkonsumsi sayur dan nasi saat sahur menjadi menu yang baik untuk ibu hamil puasa. Selain itu, sebagai menu tambahan saat sayur, konsumsilah susu kedele dan buah-buah segar.


Saat berbuka
Sebelum mengkonsumsi makanan berat, seperti nasi dan lauknya ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan manis terlebih dahulu, seperti 3 butir kurma, kolak, atau jus buah. Hal ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, agar kondisi tubuh ibu hamil puasa dapat kembali bugar dan fit.

Saat malam sebelum tidur
Setelah melaksanakan sholat taraweh, Anda juga dapat mengkonsusmsi makanan ringan dan bergizi. Misalkan memenuhi kebutuhan dengan mengkonsumsi buah-buahan, sereal, roti, atau susu kedelai yang baik untuk menguatkan tubuh ibu hamil selama berpuasa.

Selain tips ibu hamil berpuasa di atas, Anda juga harus mengikuti beberapa tips berikut ini :
  • Luangkan waktu untuk beristirahat yang cukup di siang hari, agar Anda tidak merasa terlalu lelah saat berpuasa selama Ramadhan.
  • Mengkonsumsi vitamin juga dapat membuat tubuh ibu hamil puasa tetap sehat dan fit. Pastikan Anda mendapatkan vitamin atau suplemen dari dokter, karena dokter akan memberikan suplemen sesuai dengan usia janin.
  • Tetap melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai di sore hari sebelum berbuka puasa.
  • Cukupi kebutuhan cairan Anda, dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup.



     

No comments:

Post a Comment